CANDIL

Maca Dina Digital Library

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah
Provinsi Jawa Barat

Teknologi sudah selayaknya memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi dan ilmu. Akses akan sumber wawasan dan ilmu bermanfaat merupakan pintu menuju masyarakat Jawa Barat yang Juara.

Candil adalah aplikasi mobile resmi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pada aplikasi CANIL ini tersedia buku-buku elektronik dari berbagai penulis nasional, beberapa di antaranya juga teradapat buku tulisan Gubernur Jawa Barat Bapak M. Ridwan Kamil. Pada tahap pertama, CANDIL akan menyediakan 500 judul buku elektronik (e-book), ditargetkan pada tahun 2019, kupulan judul akan ditingkatkan mencapai 1500 judul. CANDIL merupakan bentuk layanan dan persembahan untuk warga pustaka Jawa Barat dari Perpustakaan Umum Provinsi Jawa Barat.
Mengapa CANDIL?
Ilmu dan pengetahuan sudah seharusnya tidak berbatas, penggunaan berbagai metode penyebaran dapat dilakukan dalam beragam dimensi, termasuk teknologi smartphone. Aplikasi CANDIL dikembangkan untuk memudahkan warga Jawa Barat dalam mencari berbagai judul literatur yang ditulis oleh banyak penulis Jawa Barat dan nasional.

Target CANDIL?
CANDIL dapat diakses oleh semua kalangan usia, terbuka bagi siapa pun yang ingin mengakses berbagai judul e-book yang tersedia dalam databse Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Jawa Barat.

Tujuan CANDIL?
Dengan meningkatnya penggunaan masyarakat terhadap perangkat dan aplikasi berbasisi internet, CANDIL diharapkan dapat memudahkan masyarakat Jawa barat untuk mengakses sumber ilmu dan pengetahuan guna meningkatkan minat baca agar wawasan masyarakat bisa berkembang di segala aspek kehidupan.