Jabar Masagi

Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Jabar

Dinas Pendidikan
Provinsi Jawa Barat

Generasi Juara yang akan memimpin Indonesia di masa depan diharapkan adalah masyarakat yang Masagi – sempurna, segala bisa, menjaga identitas budaya, dan harmonis dengan diri, alam, dan seluruh makhluk hidup lainnya.

Jabar Masagi adalah upaya Pemprov Jawa Barat menumbuhkan manusia Jawa Barat yang harmoni dengan diri, alam, dan seluruh mahluk hidup untuk mewujudkan nilai-nilai universal yang dititipkan oleh Sang Maha Pencipta.
Mengapa JABAR MASAGI?
Siswa-siswi di Jawa Barat mulai kehilangan identitas budaya lokal. Nilai IQ-EQ-SQ-PQ-nya belum seimbang. Kurikulum formal tidak bisa mengajarkan mata pelajaran, nilai-nilai lokal & moralitas dalam waktu yang bersamaan. Kabar kekerasan oleh siswa/i SMA/SMK sederajat meningkat.

Target JABAR MASAGI?
Untuk tahap awal, program ini akan berfokus pada siswa & siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) & sederajat di Provinsi Jawa Barat. Untuk tahap selanjutnya, diharapkan program ini bisa diimplementasikan pula di Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP) & sederajat, serta Sekolah Dasar (SD) & sederajat – disesuaikan dengan wewenang yang dimiliki oleh Provinsi & Kabupaten/Kota.

3 Dimensi JABAR MASAGI?
Generasi pemimpin bangsa di masa depan yang Masagi – segala bisa, sempurna, dan menjadi manusia seutuhnya. Negara memiliki bibit-bibit pemimpin yang mumpuni. Keharmonisan antara semua golongan masyarakat dapat tercapai. Siswa-siswi menjadi lebih produktif & terinspirasi untuk berkarya.

Galeri