KOLECER

Kotak Literasi Cerdas

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah
Provinsi Jawa Barat

Fenomena malas membaca kian menjamur hingga menempatkan Indonesia pada urutan 61 dari 60 negara dengan minat baca terendah. Menyediakan fasilitas buku-buku di ruang publik yang mudah diakses adalah salah satu upaya untuk menumbuhkan minat membaca.

KOLECER adalah sebuah boks lemari berisi buku-buku yang tersedia di ruang publik. Buku-buku yang tersedia dapat dipinjam oleh warga yang memerlukan. Sedangkan CANDIL adalah perpustakaan digital yang tersedia di gawai.
Mengapa KOLECER?
Berdasarkan hasil survei, indeks membaca orang Indonesia hanya 0,001, artinya dari 1.000 orang Indonesia hanya ada satu orang yang memiliki minat membaca buku. Rendahnya minat membaca akan mengakibatkan terbatasnya wawasan, pengetahuan, yang pada akhirnya berdampak pada ketertinggalan.

Target KOLECER?
KOLECER dan CANDIL tidak terbatas pada usia, siapa pun yang ingin mengakses atau memerlukan buku yang tersedia, boleh meminjam dan membaca. Bagi warga yang memiliki buku bacaan namun sudah tidak terpakai, bisa menyumbang kapan saja.

Tujuan KOLECER?
Diharapkan minat baca warga Jawa Barat meningkat. Dari meningkatnya minat membaca, akan menimbulkan efek positif di berbagai aspek kehidupan.

Galeri